Ide-Ide Baru Untuk Menyegarkan Strategi Penjualan

Agar kondisi rumah kita selalu memiliki suasana baru maka biasanya setiap tahun kita melakukan penyegaran dengan mengganti cat, memperbaiki bagian yang sudah usang dan lain-lain. Demikian juga dalam bisnis kita memerlukan ide-ide baru untuk penyegaran strategi penjualan dengan tujuan meningkatkan sales.

Review kembali performa penjualan setiap produk

Dalam setiap bisnis atau perusahaan biasanya menjual beberapa produk. Dari beberapa produk yang kita jual biasanya ada yang cepat laku (fast moving) dan yang kurang laku (slow moving). Biasanya kita berkonsentrasi melakukan penjualan pada produk yang cepat laku, dan mengabaikan produk yang kurang laku di pasaran. Coba kita kembali mereview produk yang kurang laku tersebut apa kelebihannya sehingga kita bisa melakukan promosi dan menawarkan ke customer produk tersebut dengan cara dan strategi baru. Dengan sentuhan promosi yang berbeda dan lebih segar bisa jadi akan meningkatkan penjualan.

Review kembali frekuensi panggilan kepada customer

Kini saatnya kita mereview frekuensi menelepon terhadap customer. Bila kebanyakan dari telepon yang kita lakukan hanya menanyakan tentang apakah produk kita bisa berfungsi dengan baik? Kita mesti mengurangi frekuensi komunikasi seperti ini. Karena menanyakan tentang fungsi dari produk kita adalah pertanyaan dasar, jadi kita harus menguranginya.

Lebih baik kita mengembangkan strategi untuk mengenalkan hal yang lebih bernilai dalam setiap pertemuan dan komunikasi dengan customer. Kita bisa mendiskusikan produk baru, servis dan informasi-informasi terbaru tentang produk kita lainnya yang bisa diimplementasikan di perusahaan customer. Dengan cara itu pasti kita bisa meningkatkan penjualan dari produk dan servis lain yang kita miliki.

Usahakan setiap berkomunikasi dengan customer mendapatkan feedback seberapa baik produk dan layanan kita. Bila customer menyatakan produk dan layanan kita baik itu berarti ikatan bisnis kemungkinan besar terus berlanjut. Bila feedback customer menyatakan masih kurang, berarti kita harus secepatnya melakukan perbaikan hingga cutomer merasa puas.

Apa yang kita katakan saat melakukan penjualan?

Kita harus mereview kembali komunikasi dan media promosi yang telah berjalan setahun lamanya. Kita juga perlu mereview email yang pernah kita kirim ke customer. Temukan dan tinjau tulisan-tulisan yang tidak pantas, mungkin kita pernah menulis email dengan nada marah. Mulai saat ini jangan pernah melakukan hal itu, karena tulisan kemarahan itu akan menghasilkan cacat yang permanen di hati customer.

Bila kita telah melakukan kesalahan setahun lalu cobalah untuk melakukan recovery dengan customer tersebut, pulihkan hubungan kembali dan pastikan tahun ke depan kita menghadapi cutomer dengan lebih baik.


Other articles