Artikel lainnya

Dalam rangka milad yg ke 2 ini kami pengurus menyiapkan acara yg sangat luar biasa dan pastinya sangat bermanfaat untuk member TDA Jakarta Utara

Akhirnya....SILATBIS IS BACK 

 

silatbis part 2 dateng lagi, hal ini untuk mengakomodir sahabat sahabat tda jakut yag kemarin NYESEL ga sempat ikut hadir di silatbis yg pertama.  (baca cerita seru silatbis yg pertama disini  http://www.tdajakut.com/index.php/artikel/93-artikel-lainnya/386-silatbis-silaturahmi-bisnis-ke-tda-bogor-raya)

  

ya iyalah pada nyesel,secara acara ini tuh efeknya besar banget buat kemajuan bisnis , apa yang teman teman rasain para peserta silatbis 1, semangatnya masih  terasa sampe sekarang.

 

Makanya, jangan pura pura jaim deh, yuk ikutan silatbis part 2, acaranya Happy namun penuh motivasi dan tips trik serta nasihat berharga untuk keberhasilan usaha.

 

siapa tau kamu akan dapat relasi, ilmu baru atau pencerahan yang ujung ujungnya bikin dompet jadi TEBEL, kalo udah TEBEL makin bisa berbagi donk buat sesama

 

nih.. bagi yang penasaran sama rundown acaranya

 

* 01. 10:30-11:20.
Bandeng Rorod (di Bekasi Timur).
Inspirasi bisnis kuliner dari rumah dan sukses menjadi binaan Pemda / lembaga pemerintah (mendapat link perizinan, permodalan, pameran, dll).

 

* 10 menit perjalanan.

 

* 02. 11:30-12:50.
Master Penyet (di Bekasi Timur).
Inspirasi sukses mengelola rumah makan. 15 tahun jadi karyawan perusahaan otomotif & pertambangan, dalam 4 tahun telah memiliki 6 cabang rumah makan yg dikelola sendiri.
Makan siang disini.

 

* 30 menit perjalanan.

 

* 03. 13:20-14:50.
Plaza MR (di Grand Wisata).
Sholat Dzuhur.
Inspirasi Bisnis dari Presiden TDA.
Memulai bisnis dengan sederhana, naik kelas bersama komunitas TDA.

 

* 25 menit perjalanan.

 

* 04. 15:15-16:35.
Pabrik Gerobak (di Setu).
Sholat Ashar.
Inspirasi industri menyuplai perlengkapan dagang (dapur) ke UMKM dan Corporate. Produknya sdh digunakan oleh banyak bisnis franchise gerobakan dan digunakan oleh banyak resto & hotel. Inspirasi bisnis B2B.

 

* 15 menit perjalanan.

 

* 05. 16:50-17:40.
Distributor KaosKaki (di Setu).
Gak punya produk tapi bisa sukses berbisnis. Inspirasi sukses dari distributor KaosKaki Soka. Perpaduan distribusi produk via online dan offline (suplai ke pasar2).

 

* 45 menit perjalanan & sholat Maghrib.

 

* 06. 18:35-19:55.
Moonyusu Cafe (di Mustika Jaya).
Inspirasi bisnis susu segar dgn ratusan booth.
Ngemil / makan malam disini.

 

gimana seru kan???

 

saya pribadi ga kebayang, kejutan apa lagi yang akan saya alami saat kunjungan silatbis 2 ini

 

bikin ga bisa tidur, beneran deh, efek silatbis 1 aja bikin otak saya melar bahwa omzet 1 milyar itu mudah banget, asal tau caranya

 

lah ini udah mau ditambah ilmu silatbis part 2 bakalan makin ngebul nih otak ga tahan mau ikutan trus praktek

 

udah ah cukup gitu aja ceritanya, untuk lebih jelasnya yuk ikutan, yuk kita maju, yuk kita berjuang untuk keberkahan dan kebermanfaatan omzet kita

 

ga mau kan omzetnya gitu gitu aja

 

sssttt..... ini khusus yang mau maju aja ya, yang ga mau gapapa juga hehehe 

 

salam hangat
dr sahabatmu tda jakut

Ceritanya pagi ini kami dari tda jakut mau mengadakan acara silaturahmi bisnis atau disingkat dengan SILATBIS, wes kok pake kata silat, kalo kata bang ozi sih sebagai “kuncen”nya tda jakut kenapa di plesetkan jadi silat bis, karena jakarta utara itu indentik dengan si pitung yg konon katanya jago banget sama silat.

Pertanyaan: Pak Iim saya ingin tanya apakah bedanya mengelola 1 kios mi ayam, dengan 5 kios mi. Saya baru punya satu tapi saya pikir akan lebih baik hasilnya jika saya membuka cabang lagi (rencana 5 cabang tapi masih satu kota ). Suwun Pak lim.

Arif Raharja


Jawaban:
Dear Pak Arif,

Membuka cabang kios mi ayam Anda menjadi 5 cabang adalah rencana bisnis yang sangat baik. Keuntungan membuka cabang adalah, Anda dapat memaksimalkan sumber daya yang ada untuk dapat dibagikan kepada cabang lainnya, sehingga membuat usaha Anda lebih menguntungkan. namun lebih efektif juga efisien.

Namun untuk membuka cabang berikutnya, pastikan cabang yang pertama sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan, sehingga dapat diterapkan di cabang lainnya.

Buatlah sistem semua proses yang ada di cabang pertama Anda, mulai sistem produksi, pelayanan pelanggan, pemasaran, interior, penyajian, manajemen dapur, SDM dan keuangan.

Tuangkan sistem tersebut dalam buku manual atau pun System Operational Procedure (SOP), dengan SOP tersebut Anda akan lebih mudah membuat cabang berikutnya.

Sistem tersebut dapat Anda duplikasikan terus menerus ke cabang-cabang yang akan Anda buka. Dan jika sudah mempunyai cabang-cabang lain dan mempunyai sistem yang kuat, Anda bisa tawarkan ke program kemitraan dan waralaba. Sehingga akan mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.

Membuat SOP selain dengan membuat tulisan dan alur kerja, Anda juga dapat membuatnya dengan video shooting, audio recording, atau kumpulan photo-photo. Sehingga akan lebih memudahkan Anda.

Tentu mengelola 1 kios dengan 5 kios berbeda, mengelola lebih banyak cabang akan memiliki tantangan yang lebih menarik. Anda akan mengelola sumber daya manusia (tim) yang lebih banyak, sehingga akan membentuk diri Anda menjadi pemimpin bisnis yang lebih kokoh. 

Tim kerja Anda harus dikelola dengan baik, dengan menyelaraskan visi, misi, dan budaya yang Anda ciptakan, berikan juga pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan kemampuan/keterampilan merekam sehingga mereka siap ditempatkan di mana saja.

Mengelola keuangannya akan lebih menyenangkan, karena jika semua kios menghasilkan keuntungan yang baik, Anda harus pandai mengatur keuangan dan investasi Anda.

Dan belum tentu juga semua cabang akan menghasilkan, Anda akan lebih memikirkan proses pemasaran dan promosinya agar semua cabang dapat mempunyai hasil yang baik.

Hubungan dengan pemasok akan lebih menyenangkan, karena dengan jumlah cabang Anda yang bertambah pemasok akan mendapatkan pesanan lebih banyak pula, dan Anda pun akan bisa mendapatkan harga lebih murah karena jumlah kebutuhan bahan baku lebih banyak.

Dengan mempunyai cabang yang banyak, tentu juga akan menghasilkan jumlah pelanggan yang banyak, Anda perlu juga membangun database pelanggan Anda dan menjadikan mereka pelanggan yang loyal. 

Tawarkan juga pelanggan Anda dengan sistem membership yang sehingga mereka mendapatkan benefit saat membeli di cabang mana pun.

Anda dapat membangun sistem home delivery, pengiriman akan lebih mudah dan cepat dari cabang terdekat.

Begitu juga dengan proses branding bisnis Anda, dengan cabang yang banyak, Anda mau tidak mau harus merencanakan kegiatan untuk mengingkatkan kesadaran pelanggan atas brand/merek Anda. Branding ini, bagaimana caranya Anda membuat pelanggan Anda, selalu ingat brand Anda saat ingin membeli mi ayam. Dan jangan lupa untuk mematenkan merek kios mie ayam Anda sedini mungkin.

Semoga tips ini dapat menumbuhkan bisnis Anda, lebih baik dimulai dari terkecil seperti ini dengan belajar dan mengikuti tahapan-tahapan yang sudah dilakukan oleh para restoran-restoran besar. Selamat merencanakan usaha Anda menjadi lebih besar.

 

Iim Rusyamsi

Founder Komunitas TDA

Pertanyaan:
Saat ini saya dan istri bekerja, ada niat sih mau buka usaha ayam bakar, tapi masih bingung mau bukanya bagaimana dan siapa yang handle. Karena belum mau percaya ke orang lain buat pegang di awal, mau niat sih buka ayam sudah siap olah (tinggal goreng atau bakar) dalam kondisi frozen, tapi masih ragu. Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih Firman

Jawaban: 
Dear Pak Firman,

Jika saat ini Anda dan istri masih bekerja dan mempunyai niat untuk memulai usaha kuliner ayam bakar, namun juga masih belum bisa mempercayai ke orang lain. Anda dan istri bisa memulainya dari yang sederhana dulu saja dan di sela kesibukan Anda sebagai pekerja.

Anda bisa memulai dengan melihat kapan waktu luang Anda dan istri bisa menjalankan usaha ini, misalnya Anda mulai pada sore hari sepulang kerja hingga malam hari di sekitar rumah Anda. Atau bisa juga pada saat hari libur Sabtu-Minggu. Yang terpenting usahanya dapat Anda mulai dan Anda bisa banyak belajar dan mempunyai pengalaman dari memulai usaha yang sudah Anda cita-citakan.

Alternatif lain juga bisa, Anda menjalankan usaha ayam bakar ini khusus dengan jasa delivery di waktu tertentu, dan juga ada alternatif lain adalah membuat ayam bakar khusus pesanan acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan, acara pertemuan, dan lain-lain.

Namun Anda perlu menu ayam bakar yang menarik, rasa yang lebih enak, mempunyai keunikan dan keunggulan yang berbeda dari outlet-outlet ayam bakar yang sudah ada. Dan juga diberikan promo-promo yang menarik sehingga banyak calon pelanggan Anda yang akan membelinya.

Jika Anda sudah memulainya pasti akan banyak hal yang membuat Anda lebih bersemangat lagi dan melihat perkembangan usaha Anda di masa depan, sehingga Anda dan istri akan menentukan rencana terbaiknya untuk membangun usaha ini lebih besar lagi, dengan salah satunya adalah mungkin Anda merencanakan salah satu dari Anda dan istri untuk pensiun dari pekerjaan agar dapat menjalankan usaha secara penuh waktu atau mencari orang yang dipercaya dan mendidiknya untuk dijadikan karyawan Anda.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat dan Anda dapat memulai usahanya segera.

 

Iim Rusyamsi

Founder Komunitas TDA

Alkisah ada dua orang anak laki-laki, Bob dan Bib, yang sedang melewati lembah permen lolipop. Di tengah lembah itu terdapat jalan setapak yang beraspal. Di jalan itulah Bob dan Bib berjalan kaki bersama-sama.

Uniknya, di kiri-kanan jalan lembah itu terdapat banyak permen lolipop yang berwarni- warni dengan aneka rasa. Permen-permen yang terlihat seperti berbaris itu seakan menunggu tangan-tangan kecil Bob dan Bib untuk mengambil dan menikmati kelezatan mereka.

Lagu anak-anak biasanya lebih lama masa edarnya dibandingkan lagu pop remaja, sebut saja Potong Bebek Angsa, Si Kancil, Cicak-cicak Didinding dan sebagainya. Namun dibalik semua lagu itu ada satu lagu yang bisa membuat kita terkesan akan pelajaran yang ada didalamnya ... yaitu lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”.