Sofa Bed

Sofa Bed

“Creativity is just connecting things” – Steve Jobs,

adalah satu kalimat pendek yang saya peroleh dari kicauan akun twitter seorang teman. Kalau kita ingat pertanyaan penggali ide SKAMPER (Substitusi, Kombinasi, Adaptasi, Modifikasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi dan Rearrange atau mengatur ulang), maka kalimat Steve ini sangat senada dengan elemen kedua untuk memperoleh ide dahsyat dalam bisnis yakni Kombinasi.

Kombinasi seni dan komputer menghasilkan komputer Apple. Kombinasi tempat minum kopi dan kongkow kongkow menghasilkan Starbuck. Seorang teman bercerita, bagaimana dia berusaha memiliki ruang kantor dengan sewa murah. Yakni dengan membagi biaya sewa menjadi dua, dengan mengkombinasikan kepentingannya dengan kepentingan orang lain yang mau menyewa ruang di lantai satu sebuah ruko, dan dia menyewa di lantai dua.

Beberapa tujuan dari orang lain yang dikombinasikan bukan hanya mampu mengatasi persoalan dalam bisnis, tetapi juga membuat kemajuan yang bagus dalam bisnis. Seperti kisah pengusaha yang tidak mampu merenovasi outlet untuk usahanya, maka dia mencari kontraktor interior yang bisa dibayar setelah bisnis di outlet tersebut menghasilkan.

Beberapa bulan lalu ketika saya bertamu ke Pak Haji juragan tanah yang sudah berumur hampir 70 tahun, saya mendapat cerita bahwa kolam renang di rumahnya dahulu dibangun dengan biaya sangat murah. Yang ternyata setelah kolam renang terbukti bagus digunakan, dia diberitahu oleh sang kontraktor, bahwa kolam renang itu adalah proyek pertamanya, dan tempat dia belajar. Makanya diberikan harga sangat murah, dan berbekal pengalaman membangun kolam renang tersebut, sang kontraktor berani menerima pekerjaan membangun kolam-kolam berikutnya dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding kolam renang pertama yang dia bangun.

Ketika saya mengamati jaringan minimarket yang begitu sukses, pikiran saya berimajinasi bagaimana membuat produksi biji plastik yang saya kelola bisa dikembangkan layaknya jaringan minimarket. Kombinasi antara produsen biji plastik dan jaringan minimarket, telah membuat saya menemukan bisnis konsultan dan pemasok yang sangat prospektif dan menghasilkan. Di mana para produsen besar saya ajarkan cara dan formulasi untuk membuat biji plastik dan membangun pabrik mereka sendiri, di mana hasil produk digunakan sebagai bahan baku produksi produk lanjutan mereka sendiri. Dan saya memperoleh imbalan kerjasama sebagai pemasok bahan-bahan kimia dasar yang mereka gunakan untuk membuat biji plastik tersebut.

Nah contoh sederhana dari sebuah kombinasi adalah barang yang belum lama ini saya beli dari sebuah toko online. Barang yang sudah melengkapi ruang kerja saya tersebut adalah sofa bed, sebuah ide sederhana untuk mengombinasikan fungsi sofa untuk duduk dan tempat tidur, mampu memberi solusi produk yang fungsional dan efisien. Sofa bed bukan hanya membantu menyelesaikan persoalan para penggunanya, tetapi pada akhirnya juga membantu para pengusaha furnitur untuk terus berproduksi dan menghasilkan pendapatan.

Belakangan ini, sambil duduk leyeh-leyeh di sofa bed saya terus berpikir, apa-apa lagi yang bisa dikombinasikan untuk membuat bisnis saya lebih sukses, entah dari sisi fungsi, tujuan, biaya, sumber daya manusia, proses, dan masih banyak lagi. Dan kadang saya selingi dengan tiduran di sofa yang saya rebahkan menjadi tempat tidur.

Mungkin yang Anda perlukan dalam bisnis adalah ide sederhana untuk mengombinasikan beberapa hal menjadi satu layaknya sofa bed ? Karena seperti yang dikatakan Steve Jobs, kreativitas adalah hal yang sederhana karena hanya dengan menghubung-hunbungkan atau mengombinasikan hal-hal yang telah ada, layaknya sofa bed yang berfungsi sebagai kursi untuk duduk dan tempat tidur.

Mustofa Romdloni
MR Corporation
Direktur Pesta Wirausaha TDA 2015
Follow @tofazenith


Other articles