Liputan Seminar – Pesta Wirausaha 2016

Seminar TDW di panggung utama PW2016

Disajikan dalam berbagai sesi pada beberapa ruangan, Seminar menjadi salah satu tujuan peserta pada setiap penyelenggaraan Pesta Wirausaha Komunitas TDA. Pada Pesta Wirausaha 2016 (PW 2016) kali ini, disediakan Panggung Inspirasi di Ruang Carani, Kelas Teknis di Ruang Expo/Ruang Mandira, Focus Group Discussion (FGD) di Lobby atas Carani bagi para peserta yang haus akan wawasan dan inspirasi seputar dunia usaha. FGD di PW kali ini mengambil tema bisnis online, karena memang tren bisnis online sedang naik. 

Tak hanya mendapat ilmu, peserta yang hadir pada Seminar dan keseluruhan acara Pesta Wirausaha bisa menambah banyak kawan baru. Dengan demikian jaringan pertemanan pun dapat diperluas.

Networking merupakan salah satu hal penting bagi seorang pengusaha. Dengan memiliki banyak kawan, pengusaha bisa berpeluang mendapat berbagai informasi, berkolaborasi, atau memperluas pasar bagi bisnisnya.

Tampil sebagai pembicara pertama di Panggung Inspirasi ialah Sandiaga Uno. Pengusaha sukses nan tampan ini memang cukup akrab di komunitas kita. Ia sering mengisi acara-acara seminar TDA, juga menjadi pembicara di Pesta Wirausaha pada tahun-tahun sebelumnya. Namun tahun ini ada yang berbeda. Ia membawa serta ibunda tercinta, Mien Uno untuk berbagi panggung bersamanya. Sang ibu pun turut berkisah tentang masa lalu Sandi ketika memulai bisnis, bagaimana ia sempat mengalami kebangkrutan sampai akhirnya bangkit kembali.

Sementara itu di Kelas Teknis pada hari pertama, peserta berdesakan ingin mendengar langsung kisah Medina Zain yang sukses dengan bisnis kosmetiknya. Dimulai dari bisnis reseller via BBM, Medina melesat dalam kurun waktu singkat, menjadi salah satu pebisnis kosmetik pemula yang di-endorse oleh artis-artis terkenal. Ia berani menginvestasikan dana untuk promosi online sampai ratusan juta rupiah.

Panggung utama PW2016

Efeknya memang cukup dahsyat berdampak pada kenaikan omzet usahanya. Padatnya acara dan banyaknya pembicara yang tampil di PW 2016 memaksa para peserta untuk memilih sesi mana yang paling dirasa menarik dan perlu untuk diikuti. Seperti Ibu Forlina dari Pondok Gede yang terkesan dengan tema Marketing yang dibawakan oleh Witjaksono dan Tung Desem Waringin. “Saya menasehati anak-anak saya agar menjadi pengusaha. Makanya saya ajak anak-anak saya yang saat ini masih bekerja di perusahaan orang lain, supaya banyak belajar dari para pembicara,” tuturnya.

Beberapa pembicara tampil tak biasa di Panggung Inspirasi. Ada Wisnu Dewobroto, sang dosen yang juga pengusaha sukses, yang bersama band-nya menghibur peserta seminar sebelum ia mulai bicara. Ada pula Ibu Mooryati Sudibyo yang membawa serta Putri Indonesia nan cantik semampai, Kezia Warouw, untuk turut berbagi pengalaman. Sedikit berbeda konsep dengan Seminar, FGD digelar ala workshop dengan target peserta yang lebih sedikit daripada yang ada di Panggung Inspirasi. Tapi tanpa diduga-duga, ternyata peminatnya membludag. Berhubung ruang penyelenggaraan acara tersebut terbatas, peserta sampai rela nimbrung menyimak dari luar ruangan. Seperti yang terjadi pada sesi Jualan Ala Facebook oleh Daeng Faqih di sesi Focus Group Discussion.

Antusiasme peserta PW 2016 tampak dari semangat mereka mengikuti berbagai kelas Seminar yang diadakan. Meskipun beberapa ruangan terbatas kapasitasnya, para peserta tetap tekun menyimak para pembicara. Akbar, salah satu peserta muda dari komunitas Wirausaha Pelajar Indonesia mengaku mendapat banyak manfaat dari Seminar PW 2016. Ia berharap Pesta Wirausaha bisa terus diadakan dan TDA bisa menjadi komunitas wirausaha besar yang mendukung komunitas-komunitas bisnis lainnya.

Kelas Bisnis PW2016


Other articles