Digital Media Sosial Marketing untuk UKM (Tips)

Saat ini, banyak sekali sosial media yang dapat dipergunakan oleh UKM, untuk pemasarannya. Namun terkadang, hanya dilakuakn saja , tanpa strategi .

Kali ini, akan dibagi tips yang harus diperhatikan ketika UKM akan melakukan pemasaran melalui media sosial digital marketing.

1. Target

a. Tentukan terlebih dahulu target pemasaran Anda, serta amati target tersebut, biasa menggunakan jenis/tipe sosial media yang seperti apa, kemudian mulai mem-posting manfaat.

b. Tentukan dahulu  tujuan dari komunikasi media sosial yang dilakukan, misalnya apabila tujuannya adalah untuk membangun awareness, maka kita harus memilih media yang memiliki tingkat interaksi yang tinggi di Indonesia, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, dan kemudian diarahkan ke tempat , dimana anda bisa leluasa menawarkan jasa atau produk anda

2. Konten

Buat konten yang menarik dan provokatif, dan menarik agar orang bergerak untuk mengklik, menshare dan lain-lain. Ini diperlukan karena  ini merupakan salah satu cara, untuk menciptakan e-word dari mulut ke mulat , secara organik

3. Promosi

Bagaimana membuat banyak konsumen potensial melihat dan menyebarkan promosi yang kita lakukan melalui media sosial digital?

a. Langkah pertama adalah berdayakan semua teman-teman di media sosial, kemudian meminta agar mereka membantu mengenalkan anda ke wilayah cakupan yang lebih luas di area media sosial tersebut. Bisa melalui komunitas, tempat teman-teman itu berada, maupun sosial media pribadi milik teman-teman tersebut

b. Langkah kedua adalah dengan memasang iklan di media sosial.

4.  Endorse dari tokoh media sosial

Endorse dari tokoh media sosial yang memiliki followers banyak serta relevan dengan produk / jasa kita juga merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan penyebaran dari promosi yang kita lakukan.

Mereka juga dapat diajak untuk berkolaborasi atau menggunakan produk yang kita buat.

Demikian tips singkat, semoga bermanfaat.


Other articles