Apa Saja Peluang Bisnis di 2016 ?

Tahun 2016 tak terasa sudah di dekat mata. Walaupun masih sekitar sebulan lagi, tetapi ini merupakan waktu yang singkat untuk merencanakan bisnis bagi yang ingin mulai merintis karir di dunia usaha.

Namun, mungkin Anda masih bingung bisnis apa yang sebaiknya Anda ambil di tahun depan? Pengamat Kewirausahaan Iim Rusyamsi menyebutkan, ada beberapa sektor usaha yang tampaknya memiliki peluang pasar yang besar di tahun depan. Apalagi tahun depan sudah masuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Fashion itu masih jadi unggulan, apalagi fashion muslim," ungkapnya kepada Dream, Jumat, 27 November 2015.

Menurut Iim, saat ini Indonesia menjadi kiblat fashion di ASEAN, bahkan Asia, dan mulai merambah ke pasar Afrika.

Pasalnya, produk fashion karya anak bangsa saat ini sangat beragam dengan kualitas yang bisa bersaing.

"Fashion ini bukan hanya baju jadi. tetapi aksesoris, dan sepatu, terutama untuk wanita," jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Iim, ketika pasar semakin terbuka terutama untuk ASEAN, tentunya sektor pariwisata akan turut tumbuh. Begitupun dengan industri turunannya seperti kuliner dan travel.

"Begitu pariwisata meningkat maka yang bakal dicari kulinernya juga," ujar pemilik akun twitter @iimrusyamsi ini.

"Kuliner ini, makanan dan minuman, masuk industri kreatif. Jadi buat yang menarik dengan menggunakan kearifan lokal dan kreativitas pembuatnya. Misal buat kafe kopi yang dibuat semenarik mungkin, kemudian dibundling dengan snack," tambahnya.

Iim mengingatkan pentingnya kreativitas dan membaca peluang di masa depan. Selain itu, jangan terlalu ikut arus. Pasalnya, masih banyak sektor yang belum tergarap dengan baik, padahal permintaan produknya sangat besar.

"Jadi jangan karena orang-orang ngomong industri kreatif jadi ikut-ikutan. Padahal sektor pertanian, peternakan, perikanan ini kan potensinya besar. Masih butuh banyak orang untuk masuk di agraria ini," pungkasnya.

Sumber : dream.co.id


Other articles