4 Cara Memilih Ide yang Tepat Untuk Startup Anda

Sahabat TDA, pemilihan ide startup yang tepat sangat dibutuhkan sebelum tim untuk bergabung dalam bisnis dibentuk. Namun dalam pemilihan ide bisnis juga tidak boleh asal karena akan sangat mempengaruhi sasaran produk dan laba.

Untuk mendapatkan ide startup yang tepat mari simak info berikut:

1. Ide brilian anda paling tidak memenuhi satu dari 3 hal seperti:

a. Ide untuk membuat sebuah hal yang mahal menjadi murah
Setiap orang sangat peduli dengan uang, terlebih jika anda menawarkan sesuatu dengan diskon tertentu kepada customer anda. Ide startup yang tepat dengan menjadikan hal yang mahal menjadi bisa bernilai dan pantas. Seperti halnya Apple yang memberikan penawaran teknologi canggih yang disajikan dalam bentuk sederhana dan di mata konsumen tetap murah.

b. Ide untuk membuat hal yang bisa menghibur
Bagi anda yang menyukai seni anda bisa membuat ide kreatif dalam bentuk game, video, musik dll.

c. Ide untuk membuat sebuah hal yang sulit menjadi gampang
Membuat sebuah inovasi ide startup yang tepat memang tidak mudah, apalagi ide untuk membuat sebuah hal yang sulit menjadi gampang. Namun bukan berarti tidak mungkin bukan? Sebagai contoh sosial media seperti twiter, facebook, Youtube dll membuat semua orang di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan lebih gampang meski sedikit abstrak. Ada pula ide startup yang membuat orang gampang membeli hadiah di tempat manapun dengan GiftRocket.

Ketiga syarat tersebut digunakan untuk melakukan validasi atau menguji ide startup yang anda miliki bisa memenuhi kebutuhan tersebut atau tidak. akan tetapi secara keseluruhan produk yang tepat untuk startup anda wajib dibutuhkan oleh semua orang.

2. Hadirkan solusi utama pada pasar anda

Ide startup yang tepat tidak harus mempertimbangkan jumlah user dan masalah marketing lain namun bagaimana supaya pengguna produk anda puas akan kualitas produk startup anda. Karena sebenarnya lebih baik membuat pelanggan dengan kuantitas sedikit itu puas dari pada mengundang pengguna dalam jumlah besar namun dengan level kepuasan yang biasa. Karena jika pelanggan puas maka mereka akan senantiasa mengincar produk anda meskipun produk anda kecil sekalipun.

3. Hadirkan ide yang membuat anda bisa berempati kepada pelanggan anda

Sebaiknya anda menciptakan sesuatu untuk diri pribadi. Karena tidak sedikit pemilik ide startup yang menciptakan sesuatu yang biasanya tidak diperlukan karena hanya mengambil feedback dari pelanggan. Semisal anda menciptakan produk software yang diperlukan pada saat pekerjaan anda sebelumnya dengan pertimbangan akan digunakan oleh karyawan IT atau pembelian.

4. Ide penjualan tidak sama dengan ide sosial

Aplikasi yang berbasis sosial semisal twiter, instagram dll sangat berbeda dengan aplikasi semisal e-commerce. Perusahaan tersebut berbasis user yang begitu berharga karena memperoleh uang dari data yang mereka gunakan dan aktivitas mereka dengan media sosial tersebut. Kunci ukuran perusahaan tersebut ialah dari user, viral dan pada akhirnya laba.
Ide startup yang tepat untuk anda kembangkan dipengaruhi bagaimana customer dalam menggunakan produk anda. Media sosial wajib berbasis viral marketing dan word of mouth. Akan tetapi untuk bisnis commerce harus fokus pada traffic berdasarkan iklan, daya beli konsumen, dan nilai yang dipersembahkan untuk konsumen.


Other articles