TCD yang menjadi inti bisnis kita

Saat sahabat saya yang mau menerbitkan buku mengenai Sales menghubungi saya dan meminta endorsement untuk bukunya sebetulnya saya agak ragu juga karena pengalaman sebagai sales saya yang terbatas.

Sahabat saya ini mendesak saya dan percaya saya bisa memberikan endorsement dan mengirimkan konsep bukunya, setelah membaca dan merenungkan isinya akhirnya saya lihat ini buku yang sangat bagus untuk menjadi pegangan seorang sales atau marketing.

Saat menulis ini, buku tersebut dalam persiapan terbit, jadi saya sengaja tidak menulis judulnya tetapi ada konsep menarik yang saya rasa dan menurut saya menjadi inti buku tersebut yaitu konsep TCD [Trust, Care dan Drive].

Dalam pembahasan mengenai "Trust" ditulis bawa kita harus membuat pelanggan atau calon pelanggan kita Trust dengan kita dahulu, kemudian juga harus Trust dengan produk yang kita tawarkan dan juga Trust bahwa produk tersebut memang berguna baginya.

Kelihatannya gampang tetapi pada prakteknya tidaklah semudah yang ditulis, pengalaman saya selama ini membuat trust atau kepercayaan kepada kita sebagai sales lah yang paling utama, nah kalau sudah trust pada kita maka produk dan kegunaan atau keuntungan produk kita menjadi lebih mudah diterangkan.

Untuk masalah kedua yaitu "Care", ini kaitannya erat dengan Trust yang sudah terbangun diawal. Menunjukan bahwa kita Care/Perhatian terhadap pemecahan masalahnya atau kebutuhannya menjadi kunci utama, mencoba mendudukan posisi kita dipihak mereka dan meyakinkan mereka bahwa selain percaya pada kita juga kita mencoba mengerti apa yang sedang dihadapi atau apa yang menjadi kebutuhan mereka atau bisa juga dengan menunjukan bahwa menggunakan produk dari kita itu bisa meningkatkan kinerja mereka.

Setelah semua selasai baru kita "Drive" pelanggan atau calon pelanggan kita untuk mencoba dan menggunakan produk yang kita tawarkan.

Cara menjalankan TCD memang bisa dengan berbagai macam cara, setiap tipe bisnis atau produk dan situasi market yang berbeda pasti memerlukan cara TCD yang berbeda pula, ternyata saya sering melakukan konsep yang ditulis dalam buku ini walau mungkin tidak berurutan TCD tetapi CTD tetapi jelas Drive merupakan langkah yang terakhir.

Selamat menjalankan TCD

 

Harmanto H.


Other articles