One of Basic Skill

Minggu lalu termasuk hari yang padat untuk saya, karena sebelum bertolak untuk sharing di Pesta Wirausaha TDA Manado dan halal bihalal TDA Makassar, di sebuah pusat pelatihan di Bekasi saya diminta untuk memberi pembekalan salesmanship untuk para account officer baru dari salah satu bank plat merah terbesar di tanah air.

Bicara dunia pemasaran selalu menarik buat saya, apalagi belasan tahun terakhir, dunia saya memang tak lepas dari jual menjual. Apalagi dalam dunia usaha, tentu saja menjual adalah aktifitas terpenting untuk mengerek pemasukan. Yang menarik adalah beberapa teman masih mengabaikan pentingnya kemampuan menjual. Bahkan ada yang berlindung dalam skema bisnis online, di mana fungsi-fungsi komunikasi penjualan bisa diwakilkan oleh komputer.

Padahal saya ingat banget, ketika mengikuti sharing pebisnis tiket online yang sekarang termasuk salah satu terbesar di Indonesia. Perjuangan berat mereka adalah ketika harus menjual rencana bisnis kepada investor supaya memperoleh pendanaan, dan bagaimana menjual sistem bisnis kepada para rekanan, sehingga perusahaan perhotelan, penerbangan, kereta api, penyelenggara even dan lain-lain bersedia menjual tiketnya melalui mereka.

Saya membayangkan perlunya perjuangan proses penjualan yang berat untuk memuluskan rencana besar mereka tersebut. Dan kemampuan menjual para foundernya inilah yang menjadi dasar kesuksesan bisnis online tersebut.

Akhirnya perlu kita catat kisah pada suatu waktu, di mana Warren Buffet yang kala itu adalah orang nomer dua terkaya di dunia memberi komentar kepada Bill Gates yang kala itu adalah orang nomer satu terkaya di dunia: “Kebetulan saja Bill Gates bidangnya adalah software komputer, kalau saja Bill Gates bidangnya adalah hamburger, tetap saja Bill Gates akan menjadi raja hamburger. Bill gates adalah penjual terbaik di dunia”.

Kita tentu juga ingat betapa memukaunya mendiang Steve Jobs ketika melakukan presentasi peluncuran produk-produk Apple, sehingga membuat orang merasa akan menyesal kalau tidak membelinya. Itu hanyalah sebagian dari kemampuan komunikasi penjualan yang kita lihat dari Steve Jobs.

Deretan pengusaha top dunia bermula dari seorang sales yang handal, tengoklah Ray Kroc sang pendiri Mc Donald, Howart Scultz pendiri Starbucks, Thomas Edison pendiri General Electric dan masih banyak lagi.

Kalau mau jadi pengusaha sukses ada baiknya kita berkomitmen untuk terus memperbaiki kemampuan komunikasi penjualan. Seperti yang Robert Kiyosaki katakan, “Mampu menjual adalah ketrampilan dasar seorang entrepreneur, banyak calon entrepreneur yang mempunyai gagasan bagus untuk produk atau bisnis baru, yang menjadi masalah adalah sebagian besar mereka tidak bisa menjual, yang berarti mereka tidak mampu menghasilkan uang.”

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
Produsen Terasi BONANZA
www.pasarterasi.com


Other articles