10 Tips Melakukan Penghematan bagi Pebisnis

Bagi pebisnis pemula atau usaha yang ingin melakukan efisiensi terhadap pengeluaran rutin sangat penting untuk mengidentifikasi pos-pos yang bisa dilakukan penghematan. Dengan melakukan penghematan itu artinya bisa memberi nafas yang lebih panjang bagi bisnis kita. Bagi pelaku bisnis kecil penghematan adalah langkah yang paling efektif untuk membuat bisnis tetap berjalan dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan penghematan:

  1. Lebih baik menggunakan laptop dibandingkan dengan PC karena laptop lebih hemat energy hingga 90% dibandingkan dengan PC.
  2.  Lakukan review terhadap pengeluaran untuk membayar biaya telepon atau handphone dan lakukan riset untuk menghemat pengeluaran pada alat komunikasi. Mungkin kita bisa mengurangi jumlah line telepon, lakukan perencanaan mengganti media komunikasi dengan menggunakan layanan aplikasi gratis atau yang lebih murah seperti Whatsapp, BBM, Skype, VoIP, dll.
  3.  Lakukan penghematan untuk biaya-biaya bulanan, seperti biaya bulanan bank dengan memindahkannya mengunakan layanan pembayaran online seperti paypal yang hanya mengenakan biaya setiap ada transaksi saja.
  4.  Cartridge tinta printer tanpa kita sadari menjadi pengeluaran yang cukup besar setiap bulannya. Anda bisa mereview ulang dengan menggunakan tinta refill.
  5.  Menggunakan sharing printer yang bisa digunakan oleh beberapa laptop atau PC.
  6.  Selalu mematikan lampu bila tidak digunakan. Untuk menjamin lampu selalu mati bila tidak ada aktivitas bisa dengan memasang sensor gerakan. Dengan mengontrol penggunaan lampu dijamin tagihan listrik kita akan turun.
  7.  Pilih penyedia layanan koneksi internet yang memberikan layanan dengan kecepatan yang optimal dengan harga yang lebih kompetitif.
  8.  Review pengeluaran setiap minggu. Apakah kita membeli peralatan kantor setiap minggu? Bila iya, coba lakukan pembelian secara bulanan, dengan melakukan pembelian lebih banyak untuk keperluan yang lebih lama biasanya kita mendapakan diskon yang lebih besar.
  9.  Apakah ada ruangan kantor yang tidak terpakai? Bila ada, coba anda sewakan untuk membantu biaya sewa atau untuk membayar tagihan bulanan lainnya.
  10.  Bila ada pekerjaan yang sifatnya musiman bisa mencari pelajar yang sedang melakukan PKL dibandingkan harus merekrut karyawan. Dengan mempekerjakan pelajar yang sedang PKL tentunya akan menghemat pengeluaran untuk membayar gaji karyawan.

Other articles