5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Waktu lebih Produktif Sepanjang Hari

Kita bekerja dalam satu minggu sekitar 40 jam, 50 jam bahkan ada yang sampai 60 jam. Tetapi dari sepanjang waktu itu coba dihitung kembali berapa jam tiap harinya yang benar-benar kita gunakan sebagai waktu produktif dalam bekerja. Dan hal ini sangat umum terjadi pada pengusaha apalagi karyawan.

Ada banyak hal yang menyebabkan waktu kerja kita tersita oleh hal-hal yang tidak menunjang pekerjaan utama, diantaranya adalah, berselancar di internet terutama di sosial media, menggosip di kantor, dan masih banyak lagi.

Berikut ini ada 5 tips praktis di pagi hari yang bisa diaplikasikan untuk mendorong waktu kerja lebih produktif:

Pertama: Olahraga selama 7 menit di pagi hari

Yup, tidak sampai 10 menit. Lakukan olahraga selama 7 menit, dengan menggerakkan seluruh anggota badan dalam 7 menit sudah cukup untuk melenyapkan bekas-bekas kelesuan yang terbawa sejak tadi malam.

Karena dalam waktu 7 menit kita bisa melakukan 12 jenis gerakan senam yang sudah cukup membuat otot-otot badan kita siap untuk melakukan pekerjaan seharian.

Kedua: Sarapan jus buah dan sayuran

Seperti kita tahu sarapan adalah aktivitas makan yang paling penting dibandingan dengan makan siang dan makan malam. Karena sarapan akan memberikan energi untuk memulai pekerjaan. Bila kita sarapan dengan makanan yang begizi pastinya akan mendorong kita untuk produktif, demikian juga bila sebaliknya.

Sayangnya kebanyakan dari kita beralasan karena keterbatasan waktu di pagi hari, asupan sarapan kita apa adanya. Biasanya menu sarapan kita adalah roti panggang dengan selai, sandwich isi telor mata sapi, nasi goreng atau mie instant ditambah dengan segelas susu.

Coba sarapan kita diganti dengan campuran buah dan sayuran yang diblender. Ambil satu buah apel, satu buah pisang, satu buah jeruk, beberapa batang bayam, sepotong mentimun, jus atau air kelapa, dan beberapa potong es batu, kemudian campur jadi satu dan blender campuran buah dan sayur tersebut. Sarapan campuran buah dan sayur seperti ini jauh lebih sehat dan memberikan energi yang optimal.

Selain sehat, sarapan jus buah dan sayur juga lebih simpel dan hemat waktu untuk mempersiapkannya, jadi tidak ada alasan karena sempitnya waktu.

Ketiga: Tentukan 3 pencapaian sebagai tolok ukur sukses hari ini

Sambil menunggu jus buah dan sayuran kita selesai diblender, coba kita ingat kembali dan tuliskan pekerjaan yang belum terselesaikan kemarin sore.

Kemudian tuliskan 3 hal yang akan kita kerjakan dalam 12 jam kedepan pada hari ini. 3 hal tersebut adalah sesuatu yang bila kita capai berarti kita telah sukses melakukan pekerjaan hari ini. Dengan melakukan hal ini setiap hari di pagi hari, pasti hari kita akan jauh lebih produktif.

Keempat: Buat jadwal yang terukur

Kita harus menentukan target waktu atas pekerjaan yang akan diselesaikan. Tandai kalender kita untuk menentukan batas waktu atau target sebuah pekerjaan harus selesai.

Bila pekerjaan itu harus dikerjakan dalam waktu berhari-hari, maka kita harus membuat sebuah jadwal kerja berdasarkan tanggal dengan item-item pekerjaan yang harus diselesaikan di setiap harinya. Dengan jadwal seperti itu kita lebih mudah untuk mengevaluasi apakah yang kita lakukan sudah sesuai target.

Dengan metode sederhana ini akan membantu kita untuk tetap fokus terhadap tanggung jawab dan prioritas yang telah kita tentukan, terutama saat ada gangguan-gangguan pekerjaan yang tidak terkait dengan pekerjaan utama.

Kelima: Lakukan evaluasi setelah makan siang

Gunakan waktu menyendiri selama 15 menit setelah makan siang. Menjauh dari laptop dan meja kerja kita. Mungkin menggunakan ruang meeting adalah pilihan terbaik untuk melakukan evaluasi hari ini. Coba kita evaluasi apa yang telah kita lakukan pagi tadi? Dan apa yang masih harus kita lakukan di waktu kerja yang tersisa? Bandingkan dengan 3 hal yang ingin kita capai dan  telah kita tentukan pada saat akan sarapan tadi  pagi.

Apakah saat ini kita sudah sesuai melampaui target atau masih tertinggal? Dalam waktu evauasi 15 menit ini kita bisa mengidentifikasi kenapa yang kita kerjakan tidak sesuai target, hal apa yang mengganggu sehingga tidak sesuai target, dan juga membantu kita untuk menemukan ritme kerja kita sehingga tetap produktif sepanjang hari.

Lakukan 5 tips diatas dalam seminggu, pasti kita akan merasakan hasil yang memuaskan dan lakukan secara terus menerus maka kita akan lebih produktif sepanjang tahun.
Disadur bebas dari: entrepreneur.com


Other articles