Bagaimana Agar Eksekusi Business Plan Berjalan Lancar

Eksekusi Business Plan Berjalan Lancar

Agar Business Plan yang sudah kita buat tidak sia-sia, memenuhi formalitas dan hanya memenuhi laci berikut langkah-langkah agar eksekusi berjalan lancar.

Jika Anda seorang pebisnis, bagaimana menjadikanBusiness Plan yang sudah dibuat di akhir tahun ini menjadi acuan day to day eksekusi bisnis ke depan dan secara disiplin dilakukan ;review setiap bulannya ?

Banyak pebisnis terutama UKM yang menjalankan aktifitasnya mengalir begitu saja atau istilah kerennya nge-flow aja. Berpikir simpel dari bulan ke bulan karena belum mampu mendisiplinkan diri menjalankan business plan yang terintegrasi selama setahun.

Agar Business Plan yang sudah kita buat tidak sia-sia, memenuhi formalitas dan hanya memenuhi laci berikut langkah-langkah agar eksekusi berjalan lancar.

1. Business Plan adalah batu loncatan untuk goal berikutnya.
Ketika kita membuat business plan, pastikan goal 1 tahun tersebut adalah jalan menuju goal 5 sampai 10 tahun berikutnya. Bahkan merupakan salah satu jalan untuk mencapai dream yang kita sudah tetapkan. Jadi bukan sekedar rencana tanpa tujuan jangka panjang.

2. BIG WHY
Ketika kita sudah menetapkan Goal harus disertai alasan yang sangat kuat untuk mencapainya, karena jika tidak memiliki motivasi yang kuat kita cenderung butuh motivator dari luar untuk mengejar hal tersebut.

3. Memahami dampak kondisi makro dan mikro ekonomi.
Setiap perubahan di dalam dunia bisnis menimbulkan dampak ancaman atau peluang besar, bisnis yang baik harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut, karena itu harus dibuat planning yang lebih presisi dengan segala kemungkinan perubahan tersebut.

4. Melibatkan komitmen semua divisi.
Banyak pebisnis yang membuat rencana kerja lalu berharap teamnya yang menjalankan apa yang ia sudah rencanakan. Ini adalah kesalahan fatal, karena yang memiliki rencanalah yang paling tepat menjalankan sebagai PIC nya. Contoh ketika divisi HRD memiliki rencana untuk membuat program leadership camp di pertengahan Februari 2014, maka dialah yang akan mengeksekusi rencana tersebut.

5. Melibatkan orang yang tepat
Perencanaan yang baik melibatkan orang yang tepat yang sudah pengamalan di bidang tersebut, jadi ketika waktunya eksekusi sudah tidak bingung lagi mengenai apa yang dimaksud dengan rencana tersebut.

6. Lakukan Evaluasi rutin
Eksekusi sebuah rencana belum tentu semulus yang direncanakan, oleh karena itu harus ada evaluasi rutin bersama team yang sudah membuat rencana tersebut, dan sebaiknya dilakukan seminggu sekali. Dalam konsep ISO dinamakan evaluasi sasaran mutu, sehingga apabila ada rencana yang luput langsung bisa diluruskan dan dieksekusi minggu berikutnya.

Ada pepatah 1000 km menuju puncak dimulai dari langkah demi langkah dan disiplin adalah jembatan antara kondisi saat ini dan cita-cita yang mau kita raih.

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id


Other articles