Menentukan Bisnis Lebih dari 1 Pilihan ?

Menentukan Bisnis Lebih dari 1 Pilihan ?

Bagaimana menentukan bisnis utama jika kita mempunyai banyak pilihan ? Pada umumnya seorang pengusaha baik pemula maupun yang sudah ahlipun mempunyai kemampuan lebih dalam melihat peluang bisnis yang ada dijumpainya. Pertanyaannya adalah bagaimana menentukan pilihan yang tepat ?

Jawab:

Banyak pengusaha pemula yang sudah membuat bisnis lebih dari satu, bisa 2 bahkan sampai 5 bisnis yang dijalaninya diawal usaha. Padahal bisnis pertama nya pun profitnya belum memuaskan dan team bisnisnya pun belum terbentuk dengan lengkap.

Lantas bagaimana mementukan pilihan diantara banyak pilihan dalam bisnis.

1. SUKA
Ya bisnis itu harus sesuatu hal yang kita sukai, karena dengan kita suka maka dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari akan lebih semangat dan kita sangat menikmatinya.

2. MAMPU
Mampu dalam hal ini adalah bisa kita yang mampu melakukannya atau team bisnis yang menjalankannya. Dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki kita akan menjadi expert dibidang kita, sehingga keunggulan bersaing dimasa yang akan datang akan bisa kita raih lebih cepat dari pada pesaing.

3. MENGHASILKAN
Segala sesuatu hal yang kita suka dan mampu tapi tidak menghasilakan hobby. Sebuah bisnis agar bisa menjadi berkelanjutan dalam jangka panjang maka harus menghasikan profit yang memuaskan bagi investor. Hal ini berguna agar apabila perusahaan membutuhkan modal untuk pertumbuhan maka bisa dengan mudah mendapatkan investor baru.

4. TERBAIK DIBIDANGNYA
Poin terakhir ini penting, karena apabila bisnis belum menjadi terbaik dibidangnya maka dalam bersaing lebih mengutamakan perang harga. Jika terbaik di bidang kita maka konsumen pun akan banyak mencari produk atau jasa kita. Jadi dalam memulai bisnis mulailah dari satu yang ditekuni setelah menjadi master dan organisasinya sudah kuat baru boleh mendirikan bisnis selanjutnya.

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA 3.0


Other articles